|

Streaming Radio Suara Landak

Pemkot Pontianak Gelar Jepin Massal Meriahkan Hari Jadi ke-253, Siapkan 51 Lokasi Parkir

Ilustrasi: Peserta Jepin Massal pada Hari Jadi Pontianak tahun lalu./Suara Kalbar

Pontianak (Suara Landak) - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-253 Kota Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak akan menggelar acara Jepin Massal pada tanggal 20 Oktober 2024. Untuk mendukung kelancaran acara yang diperkirakan akan dihadiri ribuan peserta, Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) telah menyiapkan 51 lokasi parkir yang dibagi ke dalam dua sektor, yaitu arah masuk kota dan arah keluar kota.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak, Y Trisna Ibrahim, menjelaskan bahwa sektor arah masuk kota akan menyediakan 25 lokasi parkir, termasuk di beberapa titik strategis seperti SMP 11, LKIA, Masjid Raya Mujahidin, Area GOR Pangsuma, Museum Kalbar, Taman Budaya, Ayani Megamal, hingga Fakultas Teknik Untan. Sementara itu, 26 lokasi parkir untuk sektor arah keluar kota mencakup Gedung Bank BCA, Ruko Bank Permata, Ayani, Gedung BPJN Kalbar, Kantor TVRI Kalbar, Auditorium Untan, dan beberapa lokasi lainnya.

“Kami akan menempatkan petugas gabungan di setiap lokasi parkir, terdiri dari Dishub Kota Pontianak, Satpol PP, Satlantas Polresta, hingga Ditlantas Polda Kalbar, untuk memastikan ketertiban dan kelancaran lalu lintas selama acara berlangsung,” ujar Trisna pada Kamis (17/10/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa Jepin Massal akan menggunakan satu lajur di Jalan Ahmad Yani, sementara masyarakat masih bisa melintasi jalur lainnya untuk menghindari kemacetan.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-253 Pontianak, Iwan Amriady, menyampaikan bahwa acara Jepin Massal akan dibagi dalam 36 zonasi peserta. Setiap zonasi akan memuat seribu peserta, dengan zona pertama di depan Mapolda Kalbar dan zona terakhir di Simpang Pajak. Peserta akan menerima pengumuman nomor zonasi melalui media sosial resmi Pemkot Pontianak.

“Jepin Massal akan dimulai pukul 07.00 WIB, tetapi kami minta peserta sudah berada di posisi masing-masing pada pukul 06.15 WIB,” jelas Iwan. Ia juga meminta peserta memarkirkan kendaraan di area parkir terdekat dengan zonasi mereka.

Selain Jepin Massal, Pemkot Pontianak juga telah menyiapkan berbagai rangkaian acara lain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-253, termasuk kampanye Gerakan Pontianak Tanpa Plastik, Festival Arakan Pengantin, saprahan, pameran seni dan budaya, serta berbagai lomba menarik dengan hadiah yang menggoda.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat kebersamaan masyarakat Pontianak dan memperkenalkan budaya lokal, seperti tarian Jepin, kepada generasi muda dan wisatawan. [SK]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini