|

Streaming Radio Suara Landak

LDII Kabupaten Ketapang Gelar Rakorda, Susanto Ajak Jaga Netralitas dan Dukung Program Pemerintah

Ketua LDII Kalbar Susanto memberikan arahan dan sekaligus membuka Rakorda LDII Ketapang di Padepokan Persinas ASAD Ketapang, Minggu (20/10/2024)./Suara Kalbar
Ketapang (Suara Landak) - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Ketapang sukses menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Padepokan Persinas ASAD, Minggu (20/10/2024). Rakorda ini dihadiri utusan dari seluruh Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII se-Kabupaten Ketapang.

Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto, membuka Rakorda tersebut dengan pesan penting kepada seluruh peserta untuk terus mendukung pemerintah dalam menjalankan berbagai program dan kebijakan, terutama di tingkat daerah.

“Saya mengajak jajaran LDII Ketapang agar tetap memberikan dukungan kepada pemerintah. Kita mesti berpikiran positif bahwa program pemerintah memiliki tujuan yang baik, maka perlu kita bantu agar pelaksanaannya sukses,” ujar Susanto dalam sambutannya.

Dalam konteks Pilkada serentak, Susanto menekankan sikap netral aktif yang telah diputuskan oleh LDII. Hal ini berarti LDII secara organisasi tidak mendukung salah satu pasangan calon, tetapi mendorong setiap anggotanya untuk tetap menggunakan hak pilihnya secara pribadi dan tidak golput.

“Netral aktif artinya, LDII tidak memberikan dukungan kepada calon tertentu, namun anggota wajib menggunakan hak politiknya. Bentuk keaktifannya adalah berpartisipasi dalam pemilu dan membantu menjaga kelancaran serta keamanan pelaksanaan Pilkada,” tegas Susanto.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga kondusivitas dan kerukunan selama Pilkada, serta mengajak warga LDII untuk tidak menyebarkan isu SARA atau berita hoaks yang bisa merusak persatuan.

“Kita harus menjaga kerukunan meskipun ada perbedaan pilihan politik. Jangan sampai perbedaan ini menciderai kerukunan yang sudah terjalin. Mari kita fokus pada upaya menjaga keamanan dan perdamaian dalam masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Susanto mendorong sinergisitas LDII Ketapang dengan para pemangku kepentingan setempat. Ia berharap LDII bisa terus berperan aktif dalam 8 bidang pengabdian yang menjadi fokus organisasi, agar membawa manfaat nyata bagi masyarakat Ketapang.

“Sudah saatnya kita menjalin sinergi yang lebih erat dengan semua pihak, agar program-program LDII bisa berdaya guna dan berhasil guna, demi kemaslahatan Kabupaten Ketapang,” tambah Susanto.

Sementara itu, Ketua LDII Ketapang, Tunggono, menjelaskan bahwa Rakorda ini bertujuan untuk mengonsolidasikan keputusan organisasi serta menyelaraskan program LDII dengan kondisi terkini.

“Beberapa program perlu diselaraskan dengan situasi saat ini, agar LDII tetap relevan dan bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” ujar Tunggono.

Mengusung tema ‘Kontribusi Berkelanjutan LDII untuk Ketapang yang Maju dan Sejahtera menuju Indonesia Emas 2045 dalam Bingkai NKRI,’ Rakorda ini mencerminkan tekad LDII untuk terus berkontribusi bagi kemajuan daerah dan negara.

Rakorda ini juga mengundang ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang periode 2025-2030. Namun, hanya Paslon Nomor 1 yang berhalangan hadir, sementara Paslon Nomor 2 dan Paslon Nomor 3 turut hadir dalam kegiatan tersebut. [SK]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini