|

Streaming Radio Suara Landak

Pj Bupati Landak Launching Aplikasi Pengawasan Elektronik Keuangan Desa

Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan saat menandatangani nota kesepakahamn terkait pengawasan pengelolaan keuangan desa. SUARALANDAK.CO.ID/HO-Kominfo Ldk
Ngabang (Suara Landak) – Penjabat (Pj.) Bupati Landak, Gutmen Nainggolan, menandatangani nota kesepahaman terkait pengawasan pengelolaan keuangan desa dalam acara pra gelar pengawasan dan pemutakhiran data hasil pengawasan Inspektorat Kabupaten Landak. Pada kesempatan yang sama, Gutmen juga meresmikan peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Elektronik (SIMPEL) di Aula Kantor Bupati Landak.

Dalam sambutannya, Gutmen menyampaikan bahwa acara ini memiliki peran strategis dalam memperkuat tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

“Pengelolaan keuangan desa yang baik adalah fondasi dari kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pengembangan inisiatif pengawasan yang lebih baik dan adaptif sesuai dengan perkembangan pengelolaan keuangan, khususnya pengelolaan keuangan desa,” ujarnya.

Gutmen menegaskan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini adalah bukti komitmen bersama dalam memperkuat sistem pengawasan pengelolaan keuangan desa, sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa. 

Ia juga menekankan pentingnya Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Bersama Pengelolaan Keuangan Desa sebagai garda terdepan dalam upaya preventif, memastikan tidak terjadi penyimpangan maupun kesalahan dalam pengelolaan dana desa.

“Aplikasi SIMPEL ini merupakan terobosan digital yang akan mempermudah proses pengawasan, mulai dari pengumpulan data, pemantauan, hingga evaluasi. Dengan adanya SIMPEL, proses pengawasan keuangan desa akan lebih terintegrasi, transparan, dan mudah diakses,” jelas Gutmen. 

Ia berharap seluruh aparatur pemerintahan desa dan jajaran Inspektorat dapat memanfaatkan aplikasi ini sebaik-baiknya untuk memastikan pengelolaan keuangan desa yang lebih baik.

Di akhir acara, Gutmen juga berpesan terkait pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan datang, mengajak seluruh pihak untuk mendukung pelaksanaannya dengan sebaik-baiknya. 

“Sebagai Aparatur Sipil Negara dan penyelenggara pemerintahan di tingkat kabupaten dan desa, kita harus menjadi contoh dalam berperilaku netral, menjaga integritas, dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Marilah kita bersama-sama menyukseskan Pilkada Serentak ini dengan tetap memegang teguh prinsip netralitas dan profesionalisme,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut Plh. Sekda Landak, Kapolres Landak, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, dan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Landak. [lay/r]

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini